Senin, 22 Juli 2019

3 Alasan Logis Kenapa Jakarta Selalu Banjir

Jakarta merupakan salah satu kota yang cukup terkenal di indonesia maupun mancanegara. Namun sayanganya jakarta selalu mendapat image negatif terutama dalam permasalahan banjir ibukota.

Banjir merupakan permasalahan serius ibukota untuk saat ini (selain macet), tentu saja pemerintahan setempat sudah mengeluarkan beberapa kebijakan mengenai hal ini dan menanggulangi terjadinya banjir kembali, namun upaya tersebut tidak selalu membuahkan hasil.

3 Alasan Logis Kenapa Jakarta Selalu Banjir


3 Alasan Logis Kenapa Jakarta Selalu Banjir
Sumber: Pixabay.com

Namun kenapa di jakarta bisa terjadi banjir? Beberapa asalan logis berikut ini mungkin bisa menjadi jawaban bagi kita semua.

1. Sedikitnya Lahan Serapan Air


Alasan logis pertama kenapa jakarta selalu banjir adalah sedikitnya lahan serapa air yang membuat air tidak mudah surut pada saat hujan datang. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah jakarta merupakan kota padat penduduk yang memiliki lebih dari 10 juta jiwa.

Semakin padat sebuah kota, ruang terbuka hijau yang menjadi lahan serapan air menjadi semakin sempit karena dijadikan pemukiman atau gedung pencakar langit. 

Untuk mengatasi banjir, jakarta setidaknya membutuhkan ruang terbuka hijau sebanyak 30% wilayah dari total keseluruhan. Namun untuk saat ini jakarta hanya memiliki 11% ruang terbuka hijau dan masih memerlukan setidaknya 19% untuk meminimalisir terjadinya banjir kembali.

2. Banyaknya Sungai di Jakarta


Alasan logis selanjutnya kenapa jakarta selalu banjir adalah banyaknya sungai yang mengalir di ibukota yang dapat menyebabkan tejadinya peluapan sehingga banjir tidak bisa dihindari. Peluapan terjadi akibat dari sungai yang tidak bisa menampung banyaknya debit air.

Jika kalian pernah melihat pengerukan sungai, itu merupakan salah satu cara mengatasi banjir di ibukota. Dengan melakukan pengerukan yang benar, sungai dapat menampung air lebih banyak sehingga banjir dari sungai yang meluap tidak akan terjadi.

3. Buang Sampah Sembarangan


Jika kalian merasa jakarta selalu banjir, apakah perilaku buang sampah di sungai sudah dihilangkan? Mungkin itulah asalan paling logis kenapa jakarta selalu banjir. Mengingat sampah yang dibuang ke sungai dapat menumpuk dan terjadi pendangkalan sungai.

ketika hujan, debit air semakin lama semakin besar dan sungai bisa meluap kapan saja. Berhubung sungai di ibukota jumlahnya cukup banyak, maka perilaku masyarakat terutama yang tinggal di bantaran sungai harus segera diperbaiki.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya