Jumat, 19 Juli 2019

4 Alasan Logis Kenapa Jakarta Selalu Macet

Jika kalian pergi ke pusat kota jakarta, salah satu pemandangan lumrah yang akan kalian lihat disana adalah macet. Macet sudah menjadi kejadian umum di kota jakarta, sehingga tidak sedikit warganya yang mengeluah karena sering terlambat bekerja akibat terjebak kemacetan.

Namun tahukan kalian kenapa jakarta selalu macet? Pertanyaan tersebut terkadang datang secara tiba-tiba kenapa bisa terjadi kemacetan terutama di kota jakarta.

4 Alasan Logis Kenapa Jakarta Selalu Macet


4 Alasan Logis Kenapa Jakarta Selalu Macet
Sumber: Pixabay.com

Disini saya mempunyai alasan logis kenapa jakarta identik dengan kemacetan. Alasan berikut ini tentu saja menurut pandangan admin sendiri selaku warga biasa yang melihat dari sisi masyarakat awam.

1. Kendaraan Pribadi


Salah satu alasan logis kenapa jakarta selalu identik dengan macet adalah banyaknya kendaraan pribadi yang menyebabkan volume kendaraan semakin meningkat sehingga kemacetan tidak bisa dihindari.

Jika dipikir secara logika, lebar jalan yang terbatas dengan kendaraan pribadi yang sangat banyak bisa membuat laju kendaraan berjalan dengan lancar. 

Jadi untuk mengatasi kemacetan, kurangi penggunaan kendaraan pribadi dan utamakan menggunakan angkutan umum agar jalanan bisa terkendali dengan baik.

2. Kota Padat Penduduk


Jakarta merupakan salah satu kota padat penduduk yang ada di indonesia. Diperkirakan, penduduk jakarta hingga saat ini sudah mencapai 10 juta jiwa lebih.

Jika dipikir secara logika, kota yang padat penduduk kemungkinan terjadinya kemacetan akan jauh lebih besar. Apalagi jakarta merupakan kota metropolitan yang penduduknya sangat suka menggunakan kendaraan pribadi daripada angkutan umum.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk mengurangi penggunaan kendaraan terutama jika jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh.

3. Kurangnya Fasilitas Angkutan Umum


Jika kita telaah kembali, alasan kenapa banyak warga jakarta yang lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi adalah angkutan umumnya yang belum mempunyai fasilitas memadai. fasilitas yang kurang baik tentu saja membuat orang tidak tertarik untuk menggunakan angkutan umum.

Padahal salah satu cara mengurai kemacetan adalah dengan membuat warganya menggunakan angkutan umum. Penumpukan kendaraan bisa berkurang secara drastis jika banyak warga jakarta yang menggunakan kendaraan peribadi beralih ke kendaraan umum.

4. Jalanan Jadi Lahan Parkir


Kenapa jakarta macet? Karena jalanan yang sudah sempit dibuat tambah sempit oleh pengendara yang parkir sembarangan di pinggir jalan. Hal ini tentu saja dapat embuat kemacetan, terutama jalan yang ramai oleh pengendara roda dua dan empat.

Biasanya jalan yang ramai dan sempi selalu dipasang rambu dilarang parkir dengan tujuan untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan yang bisa menyebabkan kemaceta. Jadi yang masih suka parkir di pinggir jalan secara ilegal lebih baik berhenti dari sekarang.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya