Rabu, 17 Juli 2019

5 Fakta Unik Jakarta yang Jarang Orang Ketahui

Jika bicara mengenai jakarta, yang dibahas tidak jauh dari yang namanya ibuk kota dan kota metropolitan. Hal tersebut sering dibahas dan diperbincangkan banyak media, terutama bagian hiruk pikuk jakarta sebagai salah satu tempat modern yang dipenuhi dengan fasilitas mewah.

Banyak orang yang tidak tahu bahwa ternyata jakarta memiliki fakta unik yang mungkin jarang orang ketahui, bahkan beberapa diantaranya sangat mengejutkan. Apa saja fakta dari ibuk kota indonesia ini? Yuk kita simak sama-sama pada ulasan berikut.

5 Fakta Unik Jakarta yang Jarang Orang Ketahui


5 Fakta Unik Jakarta yang Jarang Orang Ketahui
Sumber: Pixabay.com


1. Nama Lain Kota Jakarta


Nama "Jakarta" bukanlah satu-satunya nama yang digunakan untuk kawasan ini. Sebelumya jakarta memiliki beberapa nama lain yang berubah dari waktu ke waktu.

Selama 860 tahun, jakarta pernah diberi naman Sunda Kelapa dari tahun 397 hingga 1257 yang kemudian diganti menjadi Jayakarta dari tahun 1257 hingga 1619. Tidak sampai situ, kawasan tersebut mengalami perbubahan kembali menjadi Batavia pada tahun 1619 selama 323 tahun hingga akhirnya di tahun 1619-1945, Batavia dirubah menjadi Djakarta.

2. Fakta Banjir Jakarta


Bukan hanya sampah yang bertebaran di jalan, ternyata banjir jakarta disebabkan oleh beberapa faktor alam yang memudahkan terjadinya genangan air. Beberapa faktor diantaranya seperti:

- Jakarta tergolong kota yanng berada di dataran rendah
- Jakarta berada di ketinggian 8 meter dibawah permukaan laut
- Sebelah selatan jakarta merupakan pegunungan yang memiliki tingkat curah hujan tinggi khususnya bogor

3. Tanah Abang


Jika kalian berkunjung ke jakarta, kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi salah satu pasar terbesar di asia tenggara, yaitu tanah abang.

Tahukah kalian jika pasar tanah abang pernah dinobatkan sebagai pasar terbesar di dunia. Sejak berdirinya di tahun 1735, tanah abang menjadi salah satu pasar yang wajib dikunjungi di kota jakarta loh.

4. Jakarta Dimata Orang Asing


Menurut orang asing, Jakarta sering dianggap sebagai new york nya indonesia. Entah kenapa anggapan tersebut bisa terjadi, namun kita sebagai warga indonesia harus bangga dengan hal tersebut.

Jika new york terkenal dengan sebutan "The Big Apple", jakarta memiliki sebutan "The Big Durian". Mungkin saja orang asing sering menemukan banyak durian di pinggir jalan jakarta, makanya dijuluki dengan sesuatu yang berhubungan dengan durian, siapa yang tahu.

5. Hutan di Jakarta


Jakarta terkenal dengan bangun-banungan megah yang menjulang tinggi, bahkan sering ijuluki sebagai kota metropolitan. Namun siapa sangka ternyata di jakarta masih terdapat hutan yang dipenuhi dengan pohon-pohon hijau yang menyejukan.

Beberapa hutan di jakarta yang masih terjaga kehijauannya diantaranya hutan mangrove pantai indah kapuk, hutan kota kemayoran, dan hutan kota srengseng.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya