Senin, 26 Agustus 2019

4 Museum Terkenal Jakarta bagi Para Pecinta Sejarah

Bagi pecinta sejarah, mengunjungi museum terkenal Jakarta adalah kewajiban yang boleh dilewatkan. Berbagai peninggalan bernilai historis tinggi hingga maket diperlihatkan di sejumlah museum untuk memperlihatkan denyut kehidupan masa lampau. Supaya tidak kebingungan mencari museum yang tepat, berikut rekomendasi empat musem ternama yang bisa dikunjungi di Jakarta.

1. Museum Taman Prasasti

Beralamat di Jalan Tanah Abang 1 Nomor 1, Museum Taman Prasasti menyimkan berbagai prasasti serta batu nisah megah dari zaman kolonial sampai masa kemerdekaan. Dulunya tempat ini merupakan Makam Kebon Jahe yang berdiri sejak 1795. Arsitektur Yunani yang amat kental pun akan terasa saat kita menjejakkan kaki di Museum Taman Prasasti

2. Museum Sejarah Jakarta

Ingin mengulik lebih dalam seputar Jakarta di zaman pra-sejarah? Maka Museum Sejarah Jakarta adalah tempat yang harus masuk ke dalam daftar Anda. Museum yang dikenal juga sebagai Museum Fatahillah atau Museum Batavia ini dapat disambangi saat berada di Kota Tua. Ada pun koleksi bersejarah yang dipamerkan di museum terkenal Jakarta ini mencakup Meriam Jagur hingga Prasasti Ciaruteun.

3. Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum yang berada di sisi kiri Museum Fatahillah ini memajang keramik lokal maupun intermasional hingga lukisan dari karya pelukis ternama seperti Raden Saleh. Dulu, Museum Seni Rupa dan Keramik adalah pusat pemerintahan dari masa pendudukan Jepang sampai 1967. Kemudian, Presiden Soeharto meresmikannya sebagai Gedung Balai Seni Rupa, lalu menjadi museum pada 7 Juni 1977.

4. Museum Bank Indonesia

Museum ini memamerkan perjalanan sejarah di Indonesia sebelum kedatangan bangsa Barat hingga terbentuknya BI pada 1953. Salah satu hal menarik yang bakal kita jumpai di Museum Bank Indonesia adalah penyajian koleksi maupun pemaparan sejarah sedemikian rupa dalam display elektronik. Kita juga bisa, lho, mempelajari koleksi mata uang terlengkap di museum bank ini.

Jangan lupa untuk mematuhi setiap aturan yang diberlakukan di tiap tempat agar kita tidak merusak koleksi yang dipajang di museum terkenal Jakarta.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya