Kamis, 29 Agustus 2019

Bagaimana Menjalankan Gaya Hidup Hemat di Jakarta? Ini Tipnya!

Mengaplikasikan tip hidup hemat di Jakarta menjadi tantangan tersendiri bagi para pendatang yang bermigrasi ke ibu kota. Terutama kalau sebelumnya kita menghidupi kebutuhan dengan penghasilan pas-pasan. Besarnya godaan yang dihadapi di Jakarta sering kali membuat pendatang menghamburkan uang yang semestinya dialokasikan untuk kebutuhan sehari-hari.
Bagaimana Menjalankan Gaya Hidup Hemat di Jakarta? Ini Tipnya!


1. Mengatur biaya transportasi

Opsi transportasi publik di Jakarta sebenarnya sangat beragam, antara lain taksi, mikrolet, busway, bus umum, hingga transportasi berbasis aplikasi. Tarif yang dipatok juga berbeda dan bisa disesuaikan dengan penghasilan, rute, dan kebutuhan lainnya. Ambilah jenis transportasi yang tak akan makan biaya banyak dan minim terganjal masalah (teknis atau non-teknis).
2. Alokasikan anggaran makanan
Mengelola biaya untuk makan kadang sulit, terutama bagi kita yang pada dasarnya doyan makan. Kalaupun ingin jajan di luar, jangan terlalu sering. Alokasikan anggaran untuk kebutuhan tersebut untuk bahan-bahan makanan yang tahan lama dan bisa diolah cepat. Beli juga makanan olahan atau beku sebagai antisipasi kalau kita sangat lapar dan sedang tak mau berlama-lama memasak.
3. Memilih tempat tinggal
Tip hidup hemat di Jakarta selanjutnya yang harus dipertimbangkan pendatang adalah tempat tinggal. Kita mungkin tak akan kesulitan kalau punya saudara di sana dan diizinkan menetap sementara. Akan tetapi bila harus menyewa, pastikan indekos atau rumah yang dipilih nyaman. Apartemen bisa menjadi opsi alternatif bagi pendatang yang punya penghasilan besar dan butuh tempat tinggal lebih luas.
4. Belanja di mal atau toko
Keberadaan pusat perbelanjaan di Jakarta jadi faktor lain yang membuat banyak orang sulit mengontrol keinginan membeli barang meski tak terlalu diperlukan. Kita boleh, kok, belanja sesekali, dengan catatan tak sampai membobol tabungan atau berutang. Pastikan juga barang yang hendak dibeli bisa memberi manfaat dalam jangka waktu panjang agar nantinya tidak menyesal.
Kita mungkin bakal agak kesulitan saat kali pertama datang dan tinggal di Jakarta. Namun lambat laun, kita bakal terbiasa menghadapinya. Mudah-mudahan rangkaian tip hidup hemat di Jakarta ini pun dapat membantu!

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya