Selasa, 13 Agustus 2019

4 Cara Mengatasi Polusi Udara di Jakarta

kualitas udara di jakarta akhir-akhir ini dikategorikan sangat tidak sehat, bahkan jika dilihat dari ketinggian asap polutan terlihat sangat jelas menghiasi kota metropolitan. Tentu saja hal ini membuat warga jakarta khawatir tentang dampak buruk yang akan ditimbulkan terutama dalam konteks kesehatan.

Dengan kejadian ini, tentu saja banyak hal yang harus diperbaiki dan dibenahi untuk mengatasi polusi udara di jakarta. Setidaknya kita harus mengurangi polusi udara secepatnya sebelum jatuh korban jiwa akibat dari kualitas udara yang tidak sehat.

4 Cara Mengatasi Polusi Udara di Jakarta

4 Cara Mengatasi Polusi Udara di Jakarta
Sumber: Pixabay.com

Untuk itu disini saya akan share beberapa cara mengatasi polusi udara di jakarta agar warga jakarta bisa aman dan nyaman terutama ketika beraktifitas di luar ruangan.

1. Gunakan Transportasi Umum


Jakarta merupakan kota yang sering dilanda kemacetan, sehingga tidak sedikit orang yang lebih memilih menggunakan sepeda motor daripada mobil pribadi agar lebih mudah menerobos kemacetan. Hal ini menyebabkan pengguna sepeda motor di jakarta meningkat hingga mencapai lebih dari 17 juta unit.

Asap kendaraan terutama sepeda motor juga ikut memperburuk kualitas udara di ibukota, apalagi jumlahnya itu sudah sangat banyak di jakarta. Bayangkan jika semakin banyak sepeda motor yang lalu lalang setiap harinya, tentu saja kualitas udara akan semakin buruk.

Penggunaan Transportasi Umum

Untuk mengurangi jumlah pengguna kendaraan di jakarta, ada baiknya kita sebagai warga jakarta lebih memilih menggunakan transportasi umum untuk bepergian. Tentu saja hal ini untuk menekan pengguna kendaraan pribadi yang menyebabkan polusi udara.

2. Tanam Pohon Anti Polutan


Segala jenis tanaman yang ada di dunia ini sudah pasti memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing, beberapa tanaman bahkan bisa mengurangi polusi udara yang ada di sekitarnya. Untuk itu kita sebagai warga jakarta harus menanam beberapa pohon yang dikategorikan sebagai tanaman anti polutan tersebut.

Beberapa pohon yang mendapatkan predikat sebagai tanaman anti polutan diantaranya:

  • Tanaman Pakis
  • Herbras
  • Sirih Gading
  • Lili Paris
  • Palem Phoenix

3. Melakukan Uji Emisi kendaraan


Bagi warga jakarta yang sering bepergian menggunakan kendaraan, ada baiknya melakukan uji emisi kendaraannya agar asap yang keluar tidak terlalu mencemari udara sekitar. Hal ini tentu saja bertujuan untuk mengurangi polusi udara jakarta yang semakin hari semakin buruk.

Untuk melakukan uji emisi kendaraan, kalian bisa pergi ke bengkel-bengkel terdekat yang sudah dilengkapi dengan alat uji emisi. Walaupun terlihat sepele, namun faktanya asap kendaraan ikut menyumbang pencemaran udara di jakarta loh.

4. Tidak Membakar Sampah Sembarangan


Siapa disini yang suka bakar sampah sembarangan? Menurut penelitian, sampah yang dibakar dapat menghasilkan gas klorin yang dapat merusak atmosfer bumi. Jadi hentikan kebiasaan buruk tersebut sebelum kualitas udara jakarta semakin buruk.

Jika tidak dihentikan, sampah yang dibakar sembarangan akan membuat asap hitam dan debu beterbangan di udara. Bukan hanya itu, sampah yang dibakar juga menghasilkan CO2/Karbondioksida.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya