Kamis, 05 September 2019

5 Fakta Unik Kerak Telur, Jajanan Tradisional Legendaris Khas Jakarta

Ketika membahas jajanan tradisional Jakarta, kerak telur pasti melintas di pikiran masyarakat yang menetap di ibu kota. Menemukan kerak telur memang tak sulit, terutama kalau kita pergi ke festival kuliner. Rasanya yang gurih dan harganya yang murah adalah salah dua alasan yang membuat kerak telur bertahan. Lebih dari itu, ada sejumlah fakta unik terkait jajanan tradisional tersebut.
4 Fakta Unik Kerak Telur, Jajanan Tradisional Legendaris Khas Jakarta

1. Fast food khas Jakarta

Dibandingkan makanan cepat saji dari restoran kerak telur jauh lebih menyehatkan, lho. Apalagi kita bisa langsung menyaksikan pembuatannya yang berlangsung tak lebih dari 15 menit. Membeli kerak telur dalam jumlah banyak pun tak akan menjebol dompet kita.

2. Omelette asli Indonesia

Tidak sedikit orang yang menganggap kerak telur sebagai omelette khas Indonesia mengingat telur dijadikan sebagai bahan utamanya. Namun tentunya kerak telur dimodifikasi sedemikan rupa supaya rasa maupun teksturnya sesuai dengan lidah orang Indonesia.

3. Harga yang terjangkau

Seperti yang telah disinggung, kerak telur termasuk jajanan tradisional Jakarta yang dibanderol dengan harga terjangkau. Setiap penjual mematok harga yang berbeda sesuai bahan dan komponen lain. Jadi kita pun bisa menyesuaikannya dengan bujet yang tersedia.

4. Tersebar di tempat wisata

Kendati keberadaan penjual kerak telur masih bisa dijumpai, ada kalanya mereka sukar ditemukan karena menjajakan dagangan dengan berkeliling. Jika kita tak mau kelelahan, ada baiknya datang ke tempat wisata seperti Monas, Kota Tua, hingga Ragunan untuk mendapatkan kerak telur.

5. Mudah dibuat sendiri

Ada satu lagi cara yang bisa kita lakukan untuk menikmati kerak telur, yakni membuatnya sendiri. Bahan-bahan yang harus disiapkan mencakup telur, kelapa sangrai, jahe, cabai merah, garam, gula, dan merica yang kemudian dicampurkan bersama beras ketan putih dan ebi.

Demikian fakta-fakta unik seputar kerak telur. Baik membeli atau membuatnya sendiri, jangan lupa untuk memeriksa kebersihannya, ya. Dengan begitu jajanan tradisional Jakarta tersebut bisa dikonsumsi tanpa menimbulkan masalah pencernaan.

Selamat berburu atau mengolah sendiri kerak telur yang enak!

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya