Rabu, 04 September 2019

Sejarah Mengenai Terbentuknya Jakarta

Informasi mengenai Jakarta memang selalu dicari mengingat Jakarta menjadi salah satu kota yang ada di Indonesia yang banyak dijadikan sebagai tempat mengadu nasib. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini.

Sejarah Singkat Jakarta
Sejarah Terbentuknya Jakarta

Berbicara mengenai Jakarta tentu bukanlah sebuah hal yang aneh. Jakarta merupakan ibu kota negara Indonesia sekaligus dikenal sebagai kota metropolitan dimana segala sisi dunia modern Indonesia ada dikota ini. Tak heran rasanya jika pada akhirnya banyak warga negara Indonesia yang berasal dari kota lain yang datang dan hijrah ke Jakarta demi mengadu peruntungan dan berharap bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Jakarta sendiri berdiri pada tanggal 22 Juni 1527. Dan nama kota Jakarta sendiri seringkali berubah setiap masanya.

Sunda Kelapa (397 – 1527)

Saat itu Sunda Kelapa dikenal sebagai pelabuhan yang sangat sibuk dimana banyak kapal dari negara asing berdatangan membawa banyak barang untuk dijual.

Jayakarta (1527 – 1619)

Sunda Kelapa pernah dikuasai oleh bangsa Portugis. Namun berhasil direbut hingga Fatahilah mengganti nama Sunda Kelapa menjadi Jaya Karta. Kedua nama ini berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Jaya (kemenangan) dan Karta (dicapai).

Batavia (1619 – 1942)

Pada abad ke – 16 Jayakarta didatangi oleh Belanda dan berhasil dikuasai. Sejak itulah nama Jayakarya diubah menjadi Batavia.

Djakarta (1942 – 1945)

Setelah pemerintahan Indonesia berhasil mengalahkan Belanda, datanglah Jepang yang juga ingin menguasai Indonesia. Pada masa itu terjadi perang besar – besaran hingga Indonesia sempat berada di dalam kekuasaan Jepang dan mengganti nama Batavia menjadi Djakarta.

Jakarta (1945 – sekarang)

Kekuasaan Jepang akhirnya juga berhasil direbut kembali oleh Indonesia hingga negara kita berhasil memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945. Kemudian nama Djakarta diubah lagi menjadi Jakarta dan ditetapkan sebagai ibu kota negara. Sebelumnya Jakarta adalah bagian dari Jawa Barat, namun setelah tahun 1959 akhirnya Jakarta berdiri sendiri sebagai sebuah provinsi.Sejak Jakarta dijadikan sebagai ibu kota negara, kota ini menjadi berkembang pesat. Hampir seluruh aspek berpusat di Jakarta dan membuat banyak orang berhijrah di Jakarta. Tak heran jika segala kemajuan mengenai Jakarta ini selalu berhasil menarik minat banyak orang untuk datang ke Jakarta.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya